NASIONAL

Menhub: Kepuasan Penyelenggaraan Mudik Capai 89 Persen

" Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebut tingkat kepuasan masyarakat terhadap penyelenggaraan mudik Idulfitri 1445 H mencapai 89 persen."

Astri Yuanasari

Menhub Evaluasi Mudik
Arus balik, penumpang bus program mudik dan balik gratis Kemenhub di Terminal Tirtonadi, Solo, Jateng, Senin (15/04/24). (Antara/Maulana Surya).

KBR, Jakarta- Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebut tingkat kepuasan masyarakat terhadap penyelenggaraan mudik Idulfitri 1445 H mencapai 89 persen.

Hal ini disampaikan Budi usai mengikuti rapat terbatas evaluasi arus mudik dan balik Lebaran 2024, di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (6/5).

"Tingkat kepuasan dari apa yang dilakukan mudik ini Alhamdulillah memberikan hasil yang baik. Ada dua yang kita survei, yang satu adalah tingkat kepuasan pada mudik secara keseluruhan yaitu 89%, dan atas mudik gratis 91%. Yang melakukan survei ini ada dua badan pemerintah saya bisa sebutkan namanya satu adalah BPS yang kedua adalah Kominfo," kata Budi.

Budi menjelaskan, pemerintah juga mencatat penurunan kasus kecelakaan yang menyebabkan korban jiwa sebanyak 8 persen, dan jumlah korban luka ringan menurun sebesar 10 persen. Meski begitu, kata dia, jumlah korban luka berat tercatat bertambah hingga 33 persen jika dibandingkan dengan periode mudik dan balik tahun lalu.

Budi menambahkan, untuk meminimalisasi terjadinya kecelakaan, pemerintah akan terus mengimbau masyarakat agar tidak mudik menggunakan sepeda motor. Pemerintah juga akan lebih meningkatkan program mudik gratis untuk mengurangi pemudik sepeda motor.

Baca juga:

- Mudik 2024, Kemenhub: Penanganan Efektif

- Arus Mudik, Pemerintah Jamin Aman dan Nyaman

Berdasarkan survei yang dilakukan Kemenhub dan beberapa instansi terkait itu, tercatat 242 juta masyarakat Indonesia melakukan perjalanan lebih dari dua jam, yang dapat diindikasikan sebagai perjalanan mudik, selama libur Lebaran 2024.

Editor: Resky Novianto

  • mudik 2024
  • Kemenhub

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!