NASIONAL

Haji 2024, Kemenag Imbau Jemaah Haji Rutin Minum

""Caranya supaya tidak dehidrasi tetapi tidak terus menerus ke kamar mandi itu disarankan untuk setiap dua jam kita minum seteguk-seteguk,”"

Ardhi Ridwansyah

Haji 2024
Manasik haji di Wisata Edukasi Religi Boyolali, Jateng, Rabu (01/05/24). (Antara/Aloysius Jarot)

KBR, Jakarta– Kementerian Agama (Kemenag) mengimbau agar para calon jemaah haji mengatur diri untuk minum agar terhindar dari dehidrasi yang diakibatkan cuaca panas di Arab Saudi. Terlebih kini ada fenomena gelombang panas yang menerpa sejumlah negara Asia.

Juru Bicara Kemenag, Anna Hasbie menyampaikan dari segi persiapan untuk menghadapi cuaca pans selama ibadah haji tersebut, tak jauh berbeda dengan haji di tahun sebelumnya seperti menyiapkan ice pack dan penyemprot air praktis yang bisa digunakan salah satunya untuk membasahi kulit.

Dia pun mengimbau agar calon jemaah haji jangan lupa minum air. Kata dia, haus tak haus, calon jemaah haji perlu minum agar tidak dehidrasi.

“Selalu di sana enggak bosan-bosannya bilang tetap minum, cuman minumnya enggak sekali banyak. Apalagi kalau misalnya saat beribadah, kalau kita minum banyak cepat pipis tuh, nah caranya supaya tidak dehidrasi tetapi tidak terus menerus ke kamar mandi itu disarankan untuk setiap dua jam kita minum seteguk-seteguk,” jelas Anna kepada KBR, Senin (6/5/2024).

Lanjutnya, bisa juga dalam waktu satu jam minum air itu dilakukan. Kata dia, imbauan untuk meminum air itu juga diajarkan ke para calon jemaah sebelum mereka menuju ke Tanah Suci.

Jemaah haji reguler akan mulai berangkat ke Arab Saudi pada 12 Mei 2024. Sementara jemaah haji khusus akan mulai terbang ke Tanah Suci pada 23 Mei 2024.

Baca juga:

Juru Bicara Kemenag, Anna Hasbie mengatakan kuota haji Indonesia tahun ini sudah terpenuhi. Visa kuota haji Indonesia terbagi dua, yakni haji reguler yang diselenggarakan pemerintah dan haji khusus yang diselenggarakan Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK). 

Tahun ini, kuota haji Indonesia sebanyak 221.000 jemaah. Indonesia juga mendapat 20.000 tambahan kuota. Sehingga, total kuota haji Indonesia pada operasional 1445 H/2024 M adalah 241.000 jemaah, terdiri atas 213.320 kuota jemaah haji reguler dan 27.680 kuota jemaah haji khusus.


Editor: Rony Sitanggang

  • Haji
  • BPKH
  • Kemenag
  • dehidrasi
  • gelombang panas
  • haji 2024

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!